BrosurTeoridesain

Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

Posted on

Membuat Brosur dengan Photoshop, Dijaman modern ini brosur masih menjadi salah satu alat promosi yang efektif. Saat ini brosur dibuat dengan gaya yang sangat variatif untuk kebutuhan masing masing iklan. Brosur lipat tiga (Tri-Fold) menjadi gaya paling populer karena memiliki banyak ruang dan terlihat lebih menarik.

 

BrosurTeoridesain Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

Namun, untuk membuat desain brosur tidaklah semudah membuat gambar dalam kertas. Kita harus memperhatikan beberapa aspek agar brosur terlihat profesional dan menarik, silahkan baca Tips membuat desain brosur dengan baik dan benar.

 

Membuat Desain Brosur dengan Photoshop

Brosur yang saya buat adalah brosur kosmetik lipat tiga (Tri-Fold) yang memang sengaja dibuat sederhana, anda bisa saja menambahkan beberapa variasi agar lebih menarik. Harus diingat, gunakan layer untuk setiap bagian brosur. Silahkan unduh materi gambar untuk praktek langsung > DOWNLOAD

1. Buka Photoshop, buat lembar kerja baru File > New > ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) lalu OK.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop1 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

2. Putar lembar kerja ke kanan/kiri, Pilih Image > Image Rotation > 90 CW/90CCW.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop2 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

3. Buatlah grid agar mempermudah pekerjaan, tekan Ctrl+R lalu bagi lembar kerja menjadi tiga bagian dan setiap bagian adalah 10 cm.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop3 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

4. Sekarang buat gradasi warna pada bakground, pilih Gradient Tool > Putih-Kuning > lalu terapkan pada lembar kerja. Apabila anda tidak tahu cara menggunakan Gradient Tool, silahkan baca Cara membuat dan menambah gradasi warna pada Photoshop.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop4 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

5. Buat layer baru Ctrl+Sift+N. Pilih Polygonal Lasso Tool, buat seleksi untuk membuat garis pembatas dan berikan warna menggunakan Brush Tool.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop5 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

6. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi, sekarang Open foto model, File > Open > Pilih foto. Drag/Pindah foto tersebut kedalam lembar kerja menggunakan Move Tool.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop6 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

7. Sekarang ada 3 layer, letakan Layer Foto Model dibawah Layer Garis Pink. Tekan Ctrl+T lalu sesuaikan ukuran, tekan Sift saat mengubah ukurannya. Hapus bagian yang melewati garis pink menggunakan Eraser Tool.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop7 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

8. Sekarang bagian logo. Pilih Horizontal Type Tool lalu tulis “Cosmo” (Layer Logo) dan “The Real Beauty” (Layer sub-logo). Jenis font yang saya pakai Verdana. Gunakan langkah ke-6&7 apabila anda menggunakan logo gambar.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop8 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

9. Sama persis dengan langkah ke-8, buat tulisan untuk identitas perusahaan dengan Horizontal Type Tool. Gunakan Enter dan space pada keyboard untuk merapikan tulisan.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop9 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

10. Sekarang bagian tengah atas, Open foto interior toko File > Open > Pilih foto. Gunakan cara yang sama dengan langkah ke-6&7 sesuaikan letak dan ukurannya. Pastikan layer Toko dibawah Layer Garis Pink.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop10 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

11. Pilih Horizontal Type Tool lalu sebuah kalimat promosi, informasi media sosial, dan website resmi perusahaan. Caranya sama dengan langkah ke-8, jangan lupa gunakan garis grid untuk memberi batas tepi kalimat.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop12 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

12. Selanjutnya Buat layer baru, gunakan Polygonal Lasso Tool untuk membuat seleksi lalu warnai dengan Brush Tool. Sebelumnya bagilah area dengan grid, disini saya berniat mempromosikan 5 buah produk baru.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop13 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

13. Tekan Alt pada keyboard, lalu geser untuk mengcopy background harga yang sedang dibuat, perhatikan gambar. Posisikan dengan semestinya.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop14 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

14. Sekarang buka gambar produk, File > Open > Pilih gambar. Drag/pindah gambar pada area kerja lalu tekan Ctrl+T, sesuaikan ukurannya sambil menekan Sift pada keyboard. Langkahnya sama dengan langkah ke-6&7.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop15 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

15. Ulangi langkah ke-15 untuk mletakan semua gambar produk pada brosur, sesuaikan letak dan ukurannya. Perhatikan gambar.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop16 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

16. Langkah terakhir adalah memberi harga dan diskon jika ada, menggunakan Horizontal Type Tool. Gunakan warna teks yang gelap untuk background yang terang dan sebaliknya. Pastikan semua Layer Harga berada diatas.

 

Caramembuatbrosurdenganphotoshop17 Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

Demikian cara membuat desain brosur dengan Adobe Photoshop. Apabila ada bagian yang sulit dikerjakan silahkan bertanya lewat komentar, saya siap membantu. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terbanyak:

4 thoughts on “Cara Membuat Desain Brosur Dengan Photoshop

  1. Permisi master boleh minta materi buat bikin brosurnya ngga, file foto dan sebagainya. Kirim email atau kasih link download dipostingan please, biar bisa praktek langsung. thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *