Tips Menjaga Pola Pikir Kreatif

Pola pikir kreatif adalah suatu pemikiran positif yang membuat seseorang terus berkembang, memaksanya untuk menciptakan sebuah karya, dan memungkinkan seseorang menghasilkan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.

tipsmenjagapolapikirkreatif Tips Menjaga Pola Pikir Kreatif

Kreatifitas memberikan manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat luas, berfikir kreatif pada dasarnya adalah kunci kesuksesan manusia didunia (Manusiawi). Pola pikir kreatif sangat dibutuhkan terutama untuk mencari peluang baru yang menghasilkan ditengah-tengah persaingan pasar.


Lalu, bagaimana cara kita menjaga pola pikir kita agar terus kreatif seperti seharusnya. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan.

Tips Menjaga Pola Pikir Kreatif

1. Terus Berkarya

Sebuah karya yang besar berawal dari karya-karya kecil yang terus dikembangkan oleh penciptanya. Dari banyaknya karya yang diciptakan, seseorang mulai memperbaikinya dan terciptalah inovasi baru yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas.

Teruslah berkarya, jika anda bisa menulis maka menulislah, jika anda bisa menciptakan sebuah lagu maka ciptakanlah, apapun yang anda buat asalkan itu bermanfaat bagi anda dan banyak orang maka lakukanlah. Dengan begitu anda akan terus berkembang dan diakui oleh masyarakat luas, dari situlah karya anda akan dihargai.

2. Berhenti Membandingkan Diri 

Membandingkan diri dengan orang lain sama dengan menghina diri anda sendiri, pada dasarnya membandingkan diri adalah akar dari mengeluh. Mengeluh hanya akan mempersempit gerakan anda, bahkan dalam beberpa kasus dapat mematikan rasa semangat dalam diri.

Lihatlah kesuksesan seseorang sebagai motivasi bukan ajang untuk mengeluh, katakan pada diri anda sendiri Jika dia bisa melakukannya, kenapa saya tidak?! dengan begitu sistem otak akan memaksa tubuh untuk melakukan sesuatu.

3. Hilangkan Rasa Minder 

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata minder? Yah, rasa percaya diri yang hilang karena suatu alasan. Jadi Apa alasan anda minder? Silahkan jawab sendiri dalam hati anda.

Bakat memang alami tetapi keahlian harus dicari lewat belajar. Banyak orang yang sejak lahir pandai menggambar, namun tidak ada orang yang tiba-tiba mahir menggunakan CorelDRAW saat pertama kali menggunakannya.

Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil, tidak usah minder dengan hasil karyamu apabila anda adalah seorang pemula. Biarkan seseorang yang lebih profesional memberikan kritik dan sarannya, itu akan membuat anda terus berkembang. 

4. Mempelajari Hal Baru

Jangan malas membaca, jangan malas belajar, dan pada intinya JANGAN MALAS!!

Jika anda terus di kota Purwokerto, anda tidak akan tahu bagaimana kondisi kota Surabaya. Jika anda terus mengurung diri didalam kamar, anda tidak akan pernah tahu kondisi diluar rumah. Mungkin begitu istilahnya.

Ingat, mempelajari hal baru memberi kesempatan kita untuk mencoba peluang baru, dan peluang baru memberi kesempatan kita untuk menciptakan inovasi baru.

5. Berada Disekitar Orang Kreatif

Tebar senyuman dan rangkulah teman, terima saja apa adanya, hidup tak untuk selamanya, DUNIA! – sepenggal lirik dari Closehead. Tidak ada batasan untuk mencari seorang teman, Namun anda harus pandai memilih teman mana saja yang harus kita contoh.

Bagaimana seorang remaja kecanduan narkoba? Alasan terbaiknya adalah karena teman dekatnya juga menggunakan narkoba lalu menyarankan dirinya untuk mencobanya.

Begitu juga apabila kita terus berada disekitar orang kreatif, Apa yang akan terjadi? Jawaban terbaiknya adalah kita juga akan menjadi salah satu orang yang kreatif karena mau tidak mau kita akan belajar banyak dari mereka. 

6. Mencintai yang Anda Lakukan

Apakah anda pernah mencintai seseorang? saya tidak sedang bertanya bagaimana akhirnya, namun bagaimana perasaan anda ketika cinta itu diterima?

Sama halnya apabila anda mencintai apa yang anda lakukan, anda akan lebih bahagia, lebih produktif, dan yang paling penting adalah lebih positif dalam berfikir.

7. Jangan Cepat Puas

Rasa puas akan membuat kita merasa nyaman dan berhenti melakukan sesuatu. Besyukurlah dengan apa yang anda miliki sekarang namun teruslah berkarya walau anda sudah berada dipuncak. Kita tidak boleh puas dengan ilmu yang kita miliki, kita harus belajar dan terus belajar.


Sukses adalah guru yang buruk, itu hanya membuat orang yang pintar berfikir bahwa mereka tidak akan pernah gagal – Bill Gates (Owner Microsoft)


Jadi, berhati-hatilah dengan rasa cepat puas diri. Dengan begitu saya nyatakan “Cepat Puas” adalah penyakit kedua yang paling berbahaya setelah “Malas”.

8. Tenangkan Pikiran Sebelum Bekerja

Jika anda dalam keadaan penat, hentikan apa yang anda lakukan saat itu juga. Masalah atau stres yang mendominasi pikiran hanya akan mempersulit kita dalam berfikir dan memperlambat kinerja tubuh. Apapun yang anda lakukan saya yakin tidak akan maksimal.

Apakah anda akan bekerja dengan keadaan seperti itu? Sekarang juga, perbaiki MOOD anda dengan bersosialisasi, berlibur, duduk sejenak menikmati kopi atau apapun yang membuat pikiran anda merasa lebih tenang. 

Dengan pikiran yang tenang, inspirasi akan lebih mudah anda dapatkan.

9. Jangan Hanya Menikmati

Apakah anda tidak bosan dengan diri anda sendiri yang setiap harinya terus menikmati karya-karya orang lain? Mereka sama seperti anda, memakai baju yang sama, otak yang sama, tubuh yang sama, makanan yang sama, dan segala sesuatu yang relatif sama, bahkan banyak orang yang maaf “cacat” sukses karna karya-karyanya.

Apakah anda tidak berfikir untuk membuat sebuah karya yang sama atau bahkan lebih dari mereka? Mulailah belajar dari mereka dan buatlah sebuah karya yang mungkin saja karya tersebut akan merubah hidup anda. STAY CREATIVE AND KEEP SPIRIT!

Demikian beberapa tips untuk menjaga pola pikir kita agar terus kreatif, jika anda memiliki tips yang lain silahkan share lewat komentar. Semoga bermanfaat.

author
Author: 
    Cara Membuat Poster Yang Menarik
    Cara Membuat Poster Yang Menarik
    Poster merupakan media yang sering kita temui
    Cara membuat Design majalah
    Cara membuat Design majalah
    Cara membuat design majalah Majalah, Banyak informasi
    Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger
    Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger
    Mengganti warna template blog adalah satu hal
    Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
    Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
    Pada dasarnya poster adalah sarana untuk mengiklankan
    1. author

      Sugeng Riyadi Sucipto1 tahun ago

      Anjir mantep euy artikelnya, ijin share bang…

      Reply
    2. author

      Yoga Sulistyawan1 tahun ago

      emang kalo udah penat itu pikirannya ngga tau kemana gan haha. thanks sangat berkesan

      Reply
      • author
        Author

        TeoriDesain1 tahun ago

        Lebih baik berhenti berkerja sejenak gan, tenangin pikiran dulu biar hasilnya maksimal. you're welcome

        Reply
    3. author

      Cara Buat Blog10 bulan ago

      wihhh, sipp niee artikelnya gan…
      ane tertarik ma yang no 4 mempelajari hal baru..
      hehe selama ini ane cuman bljr apa yg ane bisa. lainnya ane lewati gan. tapi pah temen ane banyak yang bisa ane malah ingin bisa. tapii yang mau belajar super males gan 🙁

      Reply
      • author
        Author

        TeoriDesain10 bulan ago

        Emang kalau udah males ga ada jalan keluar lain selain maksain diri buat gerak gan, kalo malesnya diikutin ya gitu gitu aja 😀

        Reply

    Leave a reply "Tips Menjaga Pola Pikir Kreatif"

    Must read×

    Top