Faktor Yang Mempengaruhi Nama Baik Seorang Desainer

Nama baik sangatlah penting bagi kelangsungan pekerjaan anda sebagai Freelancer atau desainer. Jika nama baik anda mulai dikenal tidak profesional maka sedikit demi sedikit client akan kabur.

MenjagaNamaBaikSeorangDesainer Faktor Yang Mempengaruhi Nama Baik Seorang Desainer

Banyak hal yang sering kali dilupakan oleh para desainer, hal kecil yang sangat mempengaruhi nama baik anda sendiri. Sebelum anda menamai diri anda sebagai Profesional, sebaiknya anda perhatikan beberapa hal dibawah ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Nama Baik Seorang Desainer

1. Penampilan

“Penampilan mencerminkan kepribadian” kata beberapa pakar psikolog walaupun itu tidak mutlak. Bagaimana anda meyakinkan client jika anda masih berpenampilan semau anda sendiri, mungkin sebagian client tidak memperdulikannya namun bagaimana dengan sebagian lainnya? Anda harus memperhatikan hal ini, jangan samakan pakaian saat bermain bersama teman dan bertemu dengan client, entah itu client yang datang dari kalangan bawah-menengah atau menengah-keatas.

2. Layanan

Setap desainer memiliki konsistensi yang sama, yaitu menerima permintaan clientnya sesuai kebutuhan. Namun kesibukan seseorang pastilah berbeda, dari sinilah anda harus cerdas dalam membagi waktu. Jangan gabungkan hari kerja dan hari libur, buatlah tentukan jadwal kerja anda misalkan Senin-Jumat Pukul 09.00 s/d 22.00 , dengan begitu client tidak akan mengganggu hari libur anda. 

Dari sini anda juga dapat memperoleh keuntungan, apabila client meminta anda untuk segera merampungkan desain saat hari libur, hitung saja jam kerja tersebut sebagai jam kerja tambahan “lembur”.

3. Komunikasi

Sudah betulkah anda dalam berkomunikasi dengan client? selain menjawab semua pertanyaan client, anda juga harus memberi masukan dan memberi sedikit saran jika diperlukan. Mungkin anda harus memulainya dari sikap dan cara anda bicara ketika berhadapan dengan client yang tidak biasa, seperti crewet dan banyak permintaan.

4. Harga Desain

Sadar atau tidak, memberikan harga yang terlalu rendah untuk desain anda akan berakibat buruk pada nama baik anda. Harga sangat berpengaruh pada psikolog dan opini client. Apa yang anda pikirkan ketika melihat seorang desainer memberikan harga yang begitu murah? mungkinkah dia tidak memiliki skill yang lebih, atau dia seorang yang baru didunia desain grafis? Yah, berikanlah harga yang relevan, lihat siapa client anda.

5. Skill (Spesialis)

Apa yang anda kuasai, Apakah Adobe Photoshop, CorelDRAW, Adobe Illustrator, AutoCAD, atau Adobe Dreamweaver? dari beberapa software yang anda kuasai, anda dapat membuat apa saja? Logo? Desain Kemasan? Desaine website atau yang lainnya. Seorang client akan memilih desainer sesuai kebutuhannya, maka dari itu jabarkan apa yang anda kuasai misalkan pada website pribadi, media sosial atau forum-forum yang anda ikuti.

6. Contoh Karya Nyata

Anggap saja anda menjual jeruk, bagaimana seorang pembeli tahu jika anda menjual jeruk apabila tidak ada jeruk ditoko anda? begitu pula dengan seorang desainer, bagaimana client tahu jika anda adalah seorang desainer yang profesional tanpa karya nyata yang dapat diperlihatkan? 

salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah buatlah sebuah website portofolio untuk memajang hasil karya anda. Hal ini sangat erat kaitannya dengan faktor kelima, yaitu skill (spesialis) dalam desain tertentu.

7. Bahasa Promosi

Bagaimana anda mempromosikan diri anda sendiri? Apakah dengan pesan status bermodalkan teks atau bermain pintar menggunakan banner yang memberikan kesan profesional.

Berikut dua contoh perbandingan promosi, saya ambil dari Facebook. Anda dapat membandingkannya sendiri.

A. Promosi yang kurang baik

Contohpromosiyangsalah Faktor Yang Mempengaruhi Nama Baik Seorang Desainer

Sehebat apapun anda dalam membuat desain, dengan promosi diatas anda tetap terlihat atau seakan-akan “amatir” yang kurang berbakat mengenai desain logo. Prosentase keberhasilan dalam menarik client sangat kecil.

B. Promosi yang lebih baik

Contohpromosiyangbenar Faktor Yang Mempengaruhi Nama Baik Seorang Desainer

Berbeda? jelas berbeda, dengan bahasa yang singkat dan banner yang memperkuat karakternya. Desainer tersebut memiliki kesan profesional. Bahkan anda dapat membandingkan Like Facebook pada gambar sebelumnya.

Anda dapat menambahkan beberapa kalimat, misalkan sedikit memperkenalkan diri atau menuliskan alamat url website anda.

8. Hasil Kerja

Hasil kerja yang memuaskan sangat mempengaruhi opini client. Merubah cara pandang client walaupun beberapa kesalahan kerap anda lakukan sebelumnya. Kepuasan sifatnya berbeda beda, masing masing memiliki cara tersendiri dalam menilai hasil kerja anda maka dari itu ketahui apa yang client inginkan dan butuhkan sebelum memulai pekerjaan.

Demikian delapan faktor yang mempengaruhi nama baik anda sebagai seorang desanier, untuk itu cobalah memperhatikan hal hal kecil diatas. Semoga bermanfaat.

author
Author: 
    Cara Membuat Poster Yang Menarik
    Cara Membuat Poster Yang Menarik
    Poster merupakan media yang sering kita temui
    Cara membuat Design majalah
    Cara membuat Design majalah
    Cara membuat design majalah Majalah, Banyak informasi
    Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger
    Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger
    Mengganti warna template blog adalah satu hal
    Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
    Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
    Pada dasarnya poster adalah sarana untuk mengiklankan

    Leave a reply "Faktor Yang Mempengaruhi Nama Baik Seorang Desainer"

    Must read×

    Top