Hal Yang Tidak Boleh Diabaikan Desainer (Freelancer)

Menjadi  freelancer itu tidaklah mudah, menantang diri kita sendiri untuk mandiri dan bersabar. Ada kalanya dalam satu bulan penuh dengan proyek, namun adapula dalam satu bulan tanpa proyek sama sekali, semuanya terjadi karena kerja keras anda sendiri dan sebuah keberuntungan.
halyangtidakbolehdiabaikandesainer freelancer Hal Yang Tidak Boleh Diabaikan Desainer (Freelancer)
Apabila anda sedang mencoba merintis karir didunia desain sebagai freelancer, banyak banyaklah membaca, sharing dengan desainer lainnya, mencari refrensi, dan anda wajib membaca beberapa hal yang tidak boleh diabaikan oleh anda (Freelancer).

Hal Yang Tidak Boleh Diabaikan Desainer (Freelancer)

1. Jangan berhenti belajar

Sadar atau tidak setiap tahun akan ada mahasiswa lulusan DKV yang wisuda, seorang otodidak yang terus belajar dan terjun didunia desain, dengan kata lain setiap tahun/bulan/hari saingan anda akan terus bertambah. Disinilah masalahnya, anda tidak akan tahu bagaimana skill anak anak yang akan terjun didunia desain nantinya. 
Dengan berhenti belajar, berarti anda membatasi ilmu yang anda miliki, meremehkan mereka yang akan menjadi saingan anda. Maka dari itu, jangan berhenti belajar, terus asah skill dan jadilah seorang desainer yang berkembang setiap harinya.

2. Jangan berhenti berkarya

Tidak ada klien bukan berati tidak ada karya, anda dapat memanfaatkan waktu luang ini dengan sebaik baiknya. Mungkin membuat sebuah portofolio, menulis blog jika anda suka menulis (membagikan ilmu), atau mempelajari hal lainnya yang membuat skill anda terus bertambah. Karya bukan hanya gambar atau hal hal yang sering anda kerjakan.

3. Naikan Tarif Harga

Hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun yang terus berganti, berapa klien yang telah anda layani? berapa proyek yang selesai anda kerjakan? Kenapa anda harus mematok harga yang sama? Ada baiknya anda berfikir ulang mengenai hal ini.
Pengalaman dan klien anda terus bertambah, nama anda mulai terkenal, sebaiknya naikan tarif karya-karya anda. Semakin banyak pengalaman, semakin mahal harga desain anda.

4. Pandai Membagi waktu

Menjadi seorang freelancer memang tidak mudah, apalagi jika anda salah satu orang yang berani mengambil lebih dari satu proyek dalam waktu yang sama. Namun ingatlah, hidup anda tidak hanya untuk bekerja, ada banyak orang disekitar anda yang membutuhkan perhatian seperti keluarga, tetangga, atau teman teman.
Disinilah seorang freelancer harus pandai membagi waktu, gunakan prinsip “Saya menjadi seorang freelancer bukan karena saya ingin bebas dalam bekerja, namun agar waktu bersama keluarga lebih leluasa“.

5. Jangan Berlebihan

Dimanapun anda berada, jangan berlebihan. Apalagi jika berhadapan dengan klien, walapun anda memiliki portofolia segudang atau pengalaman bekerja bertahun-tahun, tetaplah respek dan hormat kepada klien. Berlebihan dalam dalam mengambil proyek yang akan dikerjakan juga tidak baik, anda harus memperhatikan kapasitas, waktu dan kesehatan anda.

6. Jangan Mudah Tersinggung

Anda harus tahu, tidak semua klien itu ramah, baik dan mudah diajak berkomunikasi, banyak diluar sana orang orang yang perkataanya mudah melukai hati, bagaimana jika salah satunya adalah klien anda? Maka dari itu jika anda termasuk orang yang mudah tersinggung, mulai hari ini mulailah belajar mengatur emosi anda sebelum masalah terjadi suatu hari nanti.

7. Jangan Berhenti Karena Sepi

Tidak sedikit freelancer yang pergi melamar kerja menjadi seorang pegawai dan berhenti dari kegiatannya yang begitu mulia. Alasan yang sering terdengar adalah karena tidak adanya klien yang datang selama beberapa tahun terakhir.
Jika sudah terjadi anda dapat memanfaatkan situasi ini apabila anda merasa mampu, yaitu mencari klien diluar pekerjaan anda sebagai pegawai. Mungkin anda dapat bertanya pada desainer yang sudah melakukan hal tersebut dan meminta saran, atau sering sering mencari refrensi untuk dibaca.

8. Jangan Menunda Waktu

Dapat klien – Deal, kerjakan hari itu juga walau tidak sampai selesai. Jangan terlalu santai itu tidak baik, anda tidak sedang bersekolah dibangku SMA yang apabila tidak mengerjakan PR hukumannya hanya keluar dari kelas. 
Jangan biasakan menunda waktu bekerja jika tidak ada halangan, jangan sampai anda tergesa gesa diakhir waktu deadline, sampai begadang tidak tidur yang hanya membuat tubuh tidak sehat dan hasil pekerjaan tidak maksimal. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, itu lebih baik.

9. Menjaga Kesehatan

Siapapun orangnya, apapun pekerjaannya, menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting. Bagaimana anda bekerja jika sakit? Apalagi, kita sebagai freelancer sering kali duduk berjam-jam didepan komputer/leptop, memaksa mata memandang layar komputer, tangan yang terus bergerak, posisi duduk yang tidak berubah, dan berfikir keras mencari konsep/refrensi, dll. Sungguh itu tidak sehat!
Anda pasti sudah tahu, jika tubuh anda juga membutuhkan rileksasi. Beristirahatlah yang cukup, olahraga jika perlu (pagi/sore), jaga kesehatan anda, jangan sampai pekerjaan terbengkalai karena sakit “semoga kita selalu diberikan kesehatan“.
Demikian beberapa hal yang tidak boleh diabaikan oleh freelancer, jika anda ingin menjadi seorang yang profesional. Jika anda memiliki tips dan saran lainnya, silahkan share pada kotak komentar. Semoga bermanfaat
author
Author: 
    Cara Membuat Poster Yang Menarik
    Cara Membuat Poster Yang Menarik
    Poster merupakan media yang sering kita temui
    Cara membuat Design majalah
    Cara membuat Design majalah
    Cara membuat design majalah Majalah, Banyak informasi
    Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger
    Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger
    Mengganti warna template blog adalah satu hal
    Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
    Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
    Pada dasarnya poster adalah sarana untuk mengiklankan

    Leave a reply "Hal Yang Tidak Boleh Diabaikan Desainer (Freelancer)"

    Must read×

    Top